hi ;-)

please enjoy reading my blog

Sabtu, 11 September 2010

klenteng tuban, serasa di cina.. hehehe

beberapa tahun lalu, tepatnya saya lupa. nah, saya sempat pergi bersama keluarga untuk mini liburan. gak jauh , cuma ke tuban saja. tujuan kita sebenarnya adalah pergi ke klenteng di tuban. hehmmmm, gini, rata rata keluarga saya adalah kong hu tju, tetapi, ada juga yang beragama lain. kami cukup harmonis dan saling bertoleransi. contohnya saja keluarga saya, mama saya kong hu tju, papa saya beragama kristen, saya sendiri beragama katolik. tapi kami juga mempunyai anggota keluarga yang beragama islam dan hindu. indahnya rasa perdamaian di keluargaku dan memang perlu rasa demokrasi yang tinggi untuk saling menjaga satu dengan yang lainnya.
lanjutttt... di tuban ini ada sebuah klenteng yang besar, bagus dan cukup tua. namanya saya lupa, cuma kalo kamu ke tuban, tanya orang pasti semuanya tahu, karena klenteng ini memang sering dikunjungi oleh berbagai umat dari segala pelosok daerah di indonesia ini.
area depan klenteng ini, adalah area untuk bersembhayang, lalu semalin menuju kedalam, kita akan melewati sebuah aula besar untuk beribadah pula. halaman belakang klenteng ini seperti yang tampak di gambar, ada sebuah danau kecil buatan dan di lengkapi jembatan penghubung yang berwarna putih dan terukir cantik. jembatan ini membawa kita sampai pada sebuah bangunan yang merupakan ruang serba guna.
klenteng tuban ini juga menyiapkan makanan dan minuman gratis bagi semua pengunjung klenteng baik penduduk lokal dan juga yang datang dari daerah lain. ada nasi putih, capjay, sup bibir ikan, dan masih banyak lagi. minumnya tentu saja air putih, tetapi bila ingin minum air degan / es kelapa muda, di depan klenteng ini banyak sekali penjual kelapa muda. kita tinggal pesan, lalu di akan mengantar kelapa muda pesanan kita ke ruang makan klenteng.
gambar di atas adalah suasana di ruang makan klenteng tuban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar